Tinjau ulasan Android 5.0 Lollipop - masa pakai baterai yang lebih cepat, lebih cantik, dan lebih baik

Header Menu


Tinjau ulasan Android 5.0 Lollipop - masa pakai baterai yang lebih cepat, lebih cantik, dan lebih baik

Rabu, 08 Agustus 2018

Versi terbaru Android menghadirkan desain baru, fitur penghemat baterai, dan dukungan multi-pengguna asli untuk ponsel dan tablet.


versi baru dari sistem operasi tablet dan ponsel cerdas Google, "Lollipop" adalah versi kelima dari Android, memperkenalkan fitur-fitur baru dan tweak yang secara kolektif memberi pengguna perasaan yang cukup banyak telah ditingkatkan.

Diresmikan sebagai "L" di konferensi pengembang Google, I / O pada bulan Juni untuk menggantikan Android 4.4 "KitKat, Android 5 Lollipop terungkap bersamaan dengan etos desain baru Google yang disebut" Material ".

Desain Material adalah tampilan baru yang konsisten untuk aplikasi, produk, dan layanan Google, yang membentang di luar Android ke browser Chrome Google dan perangkat lunak Chrome OS untuk laptop murah. Premis dasarnya adalah tampilan yang lebih berani, lebih berwarna dan datar untuk ikon, pemberitahuan, dan elemen antarmuka lainnya.

Ulasan ini didasarkan pada versi akhir yang sangat dekat dari Lollipop yang dirilis oleh Google untuk pengujian. Hal-hal kecil dapat berubah sebelum rilis.

Geser halus

Untuk Lollipop yang berarti penggunaan warna yang jauh lebih terang dan lebih penuh daripada versi Android sebelumnya dan tampilan yang lebih konsisten. Bilah menu adalah satu blok warna solid, ikon sangat bergaya dan datar, sementara "kartu" antarmuka yang pertama kali diperkenalkan dengan Google Now digunakan di seluruh, mengambang dan meluncur di bagian atas setiap penambahan kedalaman lainnya.

Setiap sedikit antarmuka terlihat berbeda, termasuk latar belakang yang kini berubah warna tergantung pada waktu di beberapa aplikasi, dan beberapa animasi geser baru yang menambahkan gerakan ke banyak respons Android.

The lockscreen lancar meluncur naik dan turun, dengan ketukan tombol berdenyut dengan lingkaran putih. Aplikasi sekarang meluncur dari bawah, sementara bayangan pemberitahuan ditarik ke bawah dalam dua tahap, satu untuk notifikasi dan satu detik untuk pengaturan cepat. Tahap kedua memiliki animasi yang sangat menyenangkan yang mengungkap ikon baterai dan pengaturan, meluncur keluar dari ikon profil pengguna. Semua animasi cepat dan lancar, memberi Android rasa urgensi dan menghentikannya agar tidak menghalangi proses penyelesaian.

Lebih dari satu pengguna

Di luar perbedaan warna yang jelas, Lollipop memperkenalkan beberapa fitur penting ke dalam pengalaman Android inti.

Yang pertama adalah beberapa akun pengguna di satu perangkat. Beberapa tablet Android telah memiliki dukungan untuk lebih dari satu pengguna, tetapi ponsel cerdas dan perangkat lain telah dibatasi untuk satu akun pengguna.

Sekarang beberapa akun pengguna dapat diatur langsung dari layar pengaturan cepat, termasuk akun tamu sementara, membuat berbagi perangkat dalam keluarga jauh lebih mudah. Akun pengguna sangat dasar saat ini - tidak ada pengaturan kontrol orangtua di luar akun terbatas yang dapat membatasi misalnya - tetapi setiap pengguna akan memiliki akun dan data mereka sendiri di dalam profil mereka, yang dapat dilindungi kata sandi.


Menyiapkan perangkat baru kini jauh lebih mudah bagi pemilik ponsel cerdas dan tablet Android lama. Cukup mengetuk perangkat Android lain di bagian belakang akan mentransfer pengaturan, aplikasi, dan akun selama keduanya mendukung near field communication (NFC), yang hampir setiap perangkat Android akan lakukan.

Ini adalah prosedur satu sentuhan, yang bekerja dengan baik dan membawa banyak sakit kepala bertukar ke smartphone atau tablet baru.

Filter notifikasi

Multitasking juga telah ditingkatkan dengan sistem kartu baru. Setiap aplikasi dapat menampilkan lebih dari satu kartu yang memungkinkan pengguna untuk beralih ke pesan terbuka atau kembali ke kotak masuk, misalnya - tidak hanya untuk satu tampilan di aplikasi.

Pemberitahuan dari sejumlah aplikasi sekarang dapat difilter berdasarkan prioritas berdasarkan aplikasi per aplikasi. Daripada membiarkan pemberitahuan apa pun lewat, pengguna dapat memilih untuk hanya membiarkan pesan penting dari kontak favorit untuk menampilkan atau mencegah pemberitahuan apa pun muncul.

Pengguna dapat mengatur periode tenang melalui hari atau minggu, atau mengaktifkan fitur secara ad hoc - bukan sesuatu yang baru untuk perangkat Android, tetapi pertama kali telah diintegrasikan ke dalam pengalaman Android inti.

Longer battery life


Lollipop juga berjanji untuk membantu memperpanjang usia baterai smartphone dan tablet dengan menjadi lebih efisien dan lebih tangguh pada aplikasi yang menguras baterai. Ini menggunakan versi baru dari perangkat lunak yang mendasari disebut Seni yang memberdayakan aplikasi, yang lebih cepat dan lebih ringan pada sumber daya.

Versi pra-rilis Lollipop yang diinstal pada smartphone Nexus 5 membuat baterai bertahan sekitar seperempat lagi, dengan yang lain menemukan keuntungan lebih dari lebih dari 35% atau dua jam dalam pengujian. Pengguna harus melihat ponsel cerdas dan tablet mereka bertahan lebih lama secara signifikan setelah diperbarui.

Mode "penghemat baterai" yang terintegrasi bertujuan untuk membantu perangkat bertahan selama mungkin dengan mengurangi kinerja prosesor dan menonaktifkan penggunaan data di latar belakang; aplikasi email dan perpesanan masih akan diperbarui ketika dibuka, tetapi mungkin tidak ketika tidak aktif. Ini dapat diaktifkan secara manual atau otomatis dengan 15% baterai tersisa.

Mode penghemat baterai bukanlah hal baru, karena banyak produsen ponsel pintar termasuk Samsung, Sony, dan LG telah membangun sistem mereka sendiri untuk mengurangi konsumsi baterai, tetapi sekarang ini dipanggang langsung ke dalam pengalaman Android yang tidak dimodifikasi.

Unlocking lebih baik

Google telah menambahkan cara baru agar pengguna dapat masuk ke perangkat. Buka kunci, yang menggunakan kamera smartphone atau tablet yang menghadap ke depan untuk mengenali wajah pengguna untuk membuka kunci perangkat, telah diubah sehingga berjalan di latar belakang. Saat pengguna melihat notifikasi di layar kunci, perangkat mencoba mengenali wajah, tetapi jika itu tidak akan meminta pin atau kata sandi saat pengguna mencoba melewati layar kunci.

Perangkat Bluetooth seperti headphone, speaker, dan jam pintar, serta tag NFC, dapat digunakan untuk membuka kunci perangkat secara otomatis. Ketika meninggalkan jangkauan perangkat tepercaya, ponsel cerdas atau tablet akan mengunci ulang, membutuhkan kode sandi.

Kedua metode login berfungsi dengan baik dan dapat mengurangi beberapa iritasi menjaga perangkat tetap aman.

Di mana dan kapan itu akan tersedia?



Perangkat pertama yang menjalankan Lollipop adalah smartphone Nexus 6 Google dan tablet Nexus 9, yang akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan. Tablet Nexus 7 Google dan ponsel cerdas Nexus 5 juga akan diperbarui bulan depan.

Setelah Google merilis Lollipop, produsen lain harus membuat perangkat lunak yang diperbarui tersedia untuk perangkat mereka berdasarkan kasus per kasus, kemungkinan beberapa bulan kemudian. Motorola telah menjanjikan upgrade untuk Moto G, X dan E, HTC untuk One M8 dan M7 yang lebih tua, sementara Samsung diharapkan untuk memperbarui Galaxy S5 dan Note 4 dan LG the G3.

Penutup

Lollipop adalah perombakan visual lengkap tampilan Android standar, menjadikannya pengalaman yang lebih halus, lebih koheren, dan terhubung - sebuah langkah besar dibandingkan dengan iterasi sebelumnya dari perangkat lunak Google.

Ini juga lebih cepat, lebih ringan pada baterai dan menambahkan banyak dari apa yang produsen pihak ketiga harus secara manual bolt ke versi Android mereka yang disesuaikan.

Masih ada beberapa area yang dapat ditingkatkan, terutama di sekitar izin aplikasi dan kontrol privasi pengguna, tetapi keseluruhan Lollipop adalah peningkatan yang solid dan menjaga Android sejajar dengan pesaing.