Ulasan Android 6.0 Marshmallow

Header Menu


Ulasan Android 6.0 Marshmallow

Rabu, 08 Agustus 2018

Android 6.0 Marshmallow adalah semacam fitur yang saya menghabiskan waktu yang lama mencoba untuk memilah prinsip pemersatu di balik itu semua. Ternyata, jawabannya benar-benar tepat di depan wajah saya sepanjang waktu saya melihat telepon saya: logo Google yang baru dan penuh warna.


Ini memecah-belah, seperti rebranding yang berani. Ini menghilangkan huruf kekanak-kanakan yang mendukung font yang lebih terkendali - tetapi masih memiliki aura main-main dalam pewarnaan. Ini pertanda bahwa Google tumbuh dewasa; itu lebih halus dan bisa memakai jas jika perlu - tapi itu masih mungkin akan memakai semacam dasi lelucon baru.

Logo dan mikrofon baru Google tidak mengesankan di layar utama, dan G multi-warni ada di sana, mengedipkan mata ke Anda setiap kali Anda menekan tombol home untuk mengakses fitur utama Marshmallow, Now on Tap. Google mendengarkan suara Anda dan siap untuk mengubah konten layar aplikasi menjadi pencarian atau tindakan. Ini bisa disebut Android, tetapi lebih dan lebih terasa seperti Google.

Ini juga secara diam-diam menyempurnakan Android untuk membuatnya kurang fiddly dan lebih mampu menangani kompleksitas yang muncul dalam sistem operasi komputer modern. Selalu ada sedikit gangguan yang muncul dari sudut Android, tetapi dengan Marshmallow, satu tonnya telah dihilangkan - seperti logo Google.

Fitur terbesar dan terpenting di Marshmallow disebut Now on Tap. Tahan jari Anda di tombol home di dalam aplikasi apa pun dan Android akan membaca konten layar dan mengirimnya ke server Google. Google kemudian akan mengurai data dan mencoba memberi Anda informasi yang bermanfaat dan relevan secara kontekstual.

Jika Anda mengobrol dengan seseorang tentang makan malam dan film - Demo saham Google untuk fitur - Now on Tap akan memberi Anda banyak tautan langsung ke aplikasi yang dapat membantu Anda dengan jadwal tayang dan rekomendasi restoran. Jika ada nomor telepon di layar Anda, Now on Tap akan memberi Anda tombol telepon lama yang besar untuk melakukan panggilan tanpa membuat Anda mencoba memaku salinan / menempelkan pilihan teks dengan jempol lama Anda yang besar. Ini dapat mengenali acara kalender, alamat, musik, dan bahkan tengara.

Saat berfungsi, itu sama ajaibnya dengan kartu informasi kontekstual Google Now ketika pertama kali diluncurkan. Tetapi terlalu sering, itu tidak berhasil. Saya sudah memiliki alamat tulang yang berfungsi dengan baik ketika saya memilihnya secara manual dan menempelkannya ke dalam Maps, dan langsung melewatkan petunjuk kontekstual dengan mencampur buku The Martian dengan film (buku, by the way, lebih baik).

Saya bisa memaafkan sesekali rindu. Yang lebih menggangguku adalah aku telah melakukan tawar-menawar setan dengan Google: kau tahu hampir semua yang harus diketahui tentang diriku, sekarang gunakan itu. Sekarang di Tap terhubung dengan pengetahuan luas Google tentang web, tetapi tampaknya cukup bodoh tentang pengetahuan luas Google tentang saya. Kontak yang saya ajak bicara secara teratur tidak muncul di Now on Tap, misalnya, dan rangkaian aplikasi yang saya andalkan tidak selalu menjadi pilihan.

Untuk saat ini, fitur ini sedikit mengecewakan dengan cara yang persis sama seperti Siri frustasi ketika saya pertama kali menggunakannya. Sulit untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh Now on Tap - dan bahkan jika Anda memang mengetahuinya, terkadang itu salah. Hanya ada begitu banyak peluang yang "tebak apa yang Anda butuhkan" fitur dapat mengendus sebelum melatih Anda untuk berpikir bahwa Anda tidak dapat mengandalkannya.

Itu bisa berubah dari waktu ke waktu - Sekarang di pembicaraan Ketuk ke Google, jadi mungkin peningkatan dapat terjadi tanpa menunggu pembaruan OS Android yang tidak akan muncul dengan pasti. Saya harap itu cukup cepat cukup cepat bagi saya untuk memercayainya, tetapi untuk sekarang ini lebih dari "hei itu rapi" daripada hal yang "saya dapat bergantung pada ini".


Layar utama Marshmallow pada dasarnya tidak berubah (di luar Logo Google baru). Ada beberapa perbedaan kecil: aplikasi muncul untuk membuka dari lokasi ikon mereka dan Anda akhirnya dapat menghapus aplikasi dari layar utama. Google Asisten masih berada di sebelah kiri layar utama, tetapi sekarang terbagi menjadi beberapa kategori dan memiliki tampilan yang sedikit lebih halus. (Perubahan ini sudah menetes ke ponsel yang lebih lama yang belum menerima Marshmallow berkat pembaruan aplikasi di Play Store.)

Tekan tombol untuk drawer aplikasi, dan Anda akan menemukan bahwa semuanya baru dan lebih baik. Aplikasi disajikan dalam daftar gulir vertikal yang jauh lebih intuitif - dan ada bilah gulir yang memunculkan huruf untuk membantu Anda dengan cepat melompat ke bawah ke apa yang Anda inginkan.

Di bagian atas laci aplikasi ada empat saran aplikasi yang sering disorot. Ketika saya sampai di kereta bawah tanah, Android tahu saya ingin PocketCast untuk podcast dan Threes karena tidak harus melakukan kontak mata dengan sesama manusia. Di tempat kerja, Android tahu bahwa saya menginginkan Twitter dan Gmail. Ada satu lagi trik di lengan laci aplikasi, juga: jika Anda menekan jari Anda pada tombol aplikasi di layar awal, laci akan muncul dengan keyboard dan kotak pencarian. Pintar!

Semua mengatakan perubahan ini bagus tetapi tidak akan terasa besar bagi pengguna kekuatan Android, yang telah mengetahui bahwa peluncur pihak ketiga seperti Nova atau Apex dapat melakukan banyak hal yang sama. Mereka juga tampaknya (masih!) Melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk memulihkan dari cadangan daripada Google, menjaga ikon Anda di mana Anda meninggalkannya. Marshmallow menawarkan kepada para pengembang kemampuan untuk mencadangkan data ke Google Drive sehingga Anda dapat mengembalikannya ke perangkat lain nanti - tetapi fakta bahwa Android masih tertinggal jauh di belakang iOS saat harus menyiapkan ponsel seperti yang lama Anda miliki adalah gila.

Now on Tap dan laci aplikasi baru adalah hal-hal yang akan langsung diperhatikan oleh sebagian besar pengguna. Namun, Marshmallow memiliki fitur-fitur lain yang diambil bersama-sama, berfungsi untuk membersihkan banyak gangguan yang harus dialami oleh pengguna Android.

 
Pertama, Google berjalan kembali dengan fitur Do Not Disturb yang tidak diterapkan dengan baik yang pertama kali diluncurkan tahun lalu. Alih-alih membajak kontrol volume Anda, DND sekarang duduk di laci Pengaturan Cepat, keluar dari cara Anda. Jika Anda menggunakannya dan meluangkan waktu untuk menyiapkan Pemberitahuan Prioritas, lakukanlah, tetapi saya tidak pernah menganggap semua itu bermanfaat.

Manfaat utama dari pemisahan itu adalah menyesuaikan volume jauh lebih nyaman sekarang. Android masih melakukan tingkat terbaik untuk menebak apakah Anda mencoba untuk menyesuaikan volume media, volume nada dering, atau volume alarm - tetapi terlalu sering itu bisa salah. Ketika itu terjadi, tekan saja tombol panah kecil untuk mendapatkan akses ke slider untuk ketiga jenis volume.

Android cenderung bertanya kepada Anda apakah Anda ingin membuka tautan di aplikasi tertentu berulang-ulang - aplikasi dapat menetapkan diri sebagai tautan aplikasi default pada pemasangan (dan ya, ada area pengaturan untuk mengubahnya). Kartu SD dapat disiapkan sebagai "dapat disesuaikan" sekarang. Itu berarti bahwa Android hanya melihat semua penyimpanan Anda sebagai satu gumpalan besar, jadi Anda tidak perlu memikirkan di mana barang disimpan.

Mungkin fitur baru favorit saya: Bagikan Langsung. Saat Anda menekan salah satu tombol berbagi yang ada di mana-mana, Marshmallow masih akan memberi Anda daftar aplikasi yang bisa Anda kirimi tautan. Tetapi di atas mereka, itu menempatkan manusia yang sebenarnya dengan ikon aplikasi kecil kecil di sebelahnya. Saya membagikan tautan ke orang-orang tertentu sepanjang waktu, dan sekarang dapat mengambil sekitar 500 lebih sedikit tap untuk melakukannya. (Aplikasi harus mendukung Direct Share, namun, dan sangat sedikit yang melakukannya, termasuk Google Hangouts.)

Beberapa perubahan ini, harus dikatakan, membuat Android bekerja sedikit lebih mirip iPhone daripada sebelumnya. Misalnya, izin aplikasi telah mengalami perbaikan besar di Marshmallow. Perubahan terbesar adalah (setelah pengembang memperbarui aplikasi mereka untuk mendukungnya), mereka hanya akan meminta izin untuk melakukan hal-hal seperti mengakses kamera ketika mereka membutuhkannya daripada menampilkan dinding permintaan misterius pada pemasangan pertama. Begitulah cara iPhone melakukannya, dan ada baiknya melihat Google akhirnya mengikuti model ini.

Hal lain tentang perizinan adalah caranya lebih mudah untuk menggali dan mematikan barang. Anda dapat menggali ke dalam pengaturan dan menghapus aplikasi izin oleh aplikasi atau masuk ke, katakanlah, pengaturan lokasi dan melihat setiap aplikasi yang dapat mengaksesnya. (Untuk aplikasi yang tidak mendukung sistem baru, melakukan hal ini dapat merusak banyak hal.)

Barang-barang lain yang dipinjam dari iPhone? Anda mendapatkannya: ada dukungan built-in untuk sensor sidik jari yang memungkinkan para pengembang memasangnya dengan cara yang aman. Tombol Potong / Salin / Tempel sekarang muncul tepat di atas teks yang disorot alih-alih menjadi ikon misterius dan tidak dikenal di bagian atas layar (meskipun di beberapa aplikasi, ikon lama yang menjengkelkan itu masih muncul).

Tambahkan semua penyempurnaan kecil ke Android di Marshmallow, dan Anda berakhir dengan OS yang terasa jauh lebih ramah pengguna daripada sebelumnya - tetapi tanpa membuang kekuatan dan kemampuan penyesuaian yang telah terbiasa dengan pengguna Android. Ini adalah OS yang hebat, meskipun jika itu saya, saya akan menyebutnya sesuatu seperti Android 5.3, bukan 6.0. Saya hanya tidak yakin itu sebagai lompatan besar ke depan sebagai versi sebelumnya. Tetapi jika kami mengambil nomor versi itu dengan nilai nominal, apa yang Marshmallow wakili adalah platform yang ingin dibangun Google. Jadi apa yang akan dibangunnya?

Sepertinya setiap komputer sedang mencoba mencari tahu untuk Anda hari ini. Apple memiliki Siri, Windows memiliki Cortana, Amazon memiliki Alexa, dan neraka, Facebook sedang menguji asisten bernama M. Tetapi Google hanya memiliki, yah, Google. Tidak ada nama, tidak ada kepribadian gender, tidak ada orang virtual terpisah yang bekerja dengan sistem operasi. Hanya ada Google, dan perbedaan antara Google perusahaan pencarian dan Android sistem operasi semakin sulit untuk menentukan dari waktu ke waktu.