Review Android 7.0 Nougat: masa pakai baterai lebih lama dan pengoperasian lebih cepat

Header Menu


Review Android 7.0 Nougat: masa pakai baterai lebih lama dan pengoperasian lebih cepat

Rabu, 08 Agustus 2018


Perubahan permukaan halus, termasuk pemberitahuan yang disempurnakan dan multitasking yang lebih baik, menyamarkan peningkatan besar di bawahnya dalam langkah maju yang kuat untuk Android.

ndroid 7.0 Nougat adalah versi baru dari sistem operasi seluler Google, yang digunakan oleh miliaran perangkat di seluruh dunia.

Fitur ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, peningkatan multitasking dan pemberitahuan yang lebih cerdas dalam pengalaman Android yang lebih ramping dan halus - mengikuti pekerjaan yang dilakukan di tahun lalu

Lebih cepat, lebih halus dan pengalaman yang lebih halus. Aplikasi dipasang lebih cepat, OS dapat berukuran lebih kecil dan pembaruan untuk Android dapat diinstal dengan cepat, tanpa harus menunggu 10 menit saat reboot, jika Anda memiliki perangkat baru. Sistem grafis Vulcan API yang baru juga dipanggang untuk kinerja permainan yang lebih baik dan Nougat akan mendukung sistem realitas maya Google Daydream, akhirnya.

Nougat bukan, bagaimanapun, perbaikan visual utama Android. Mereka yang telah menggunakan Marshmallow di salah satu ponsel cerdas atau perangkat Nexus Google dengan sedikit modifikasi di Android, seperti OnePlus 3, akan langsung mengenalinya.

Ulasan ini dilakukan menggunakan versi Nougat yang diluncurkan sebelumnya di berbagai perangkat Google Nexus dan Pixel, karena itu beberapa hal kecil dapat bervariasi pada versi produksi Nougat yang dirilis hari ini.

Notifikasi yang ditingkatkan



Sebagian besar pekerjaan telah berjalan di belakang layar tetapi satu perubahan yang jelas dalam Nougat adalah pemberitahuan. Mereka sekarang lebih datar dan lebih lebar, memenuhi seluruh lebar layar pada ponsel cerdas, dan bergabung langsung satu sama lain, yang menghabiskan lebih sedikit ruang daripada penampilan mirip kartu Marshmallow. Beberapa notifikasi dari aplikasi yang sama juga mengelompok bersama-sama, yang membersihkan bayangan pemberitahuan dan membuatnya lebih mudah untuk melihat apa yang sekilas dan mengabaikannya secara massal.

Namun, perubahan fungsional terbesar untuk notifikasi adalah peluncuran fungsi balasan cepat yang lebih luas. Aplikasi Google seperti Messenger dan Hangouts memiliki fitur balas cepat untuk sementara waktu tetapi sekarang pada dasarnya setiap aplikasi komunikasi harus memiliki fitur tersebut.

Pengguna dapat menekan balas dari notifikasi dan mengetik pesan mereka langsung ke kotak di bawah pemberitahuan, yang juga akan menampilkan cuplikan kecil dari riwayat percakapan jika Anda belum membuka aplikasi sejak balasan terakhir.

Matikan cepat lebih cepat


Pemberitahuan di atas Google juga telah menempatkan deretan ikon untuk fitur-fitur toggling seperti Wi-Fi, Bluetooth, rotasi layar dan sejenisnya, yang dapat dengan cepat disadap tanpa memperluas ke set lengkap matikan cepat. Ini mengurangi jumlah gesekan yang diperlukan untuk mematikan Wi-Fi, misalnya, oleh satu dan merupakan tambahan baru yang sederhana dan bermanfaat.

Anda dapat menyesuaikan apa yang muncul di sana, dengan memodifikasi apa yang ada di bagian atas panel matikan cepat penuh. Menyeret ke bawah dari atas dengan dua jari masih membuka panel pengaturan cepat penuh dalam satu gerakan.

Multi-window



Dukungan multi-window, atau side-by-side split screen, adalah tambahan fungsional baru lainnya. Ada tiga cara untuk mengaktifkannya. Menekan dan menahan tombol yang disebut ikhtisar dengan satu aplikasi di layar akan memanggil daftar aplikasi yang baru-baru ini digunakan dalam tampilan layar terpisah untuk memilih aplikasi kedua untuk ditampilkan di layar. Anda juga dapat melakukannya dari daftar aplikasi yang baru-baru ini digunakan dengan mengetuk dan menahan salah satu aplikasi dalam daftar dan menyeret ke bagian atas layar atau sisi kiri atau kanan jika dalam lanskap, memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi lain dari Daftar.

Metode tersembunyi yang diaktifkan di Tuner UI Sistem berfungsi dengan menggesek layar dari tombol ikhtisar.

Sekali dalam mode layar terpisah, Nougat berperilaku serupa dengan Windows dan iOS. Pengguna dapat menyeret bilah hitam di tengah untuk mengubah ukuran split, atau menghapusnya sama sekali. Menekan dan menahan tombol ikhtisar, yang menunjukkan dua bagian ketika aktif, akan membatalkan multi-jendela juga.

Ini bekerja sangat baik, dengan hampir setiap aplikasi mendukungnya. Hanya sebagian kecil dari aplikasi yang aktif memblokirnya, dan mereka mungkin diperbarui dalam waktu dekat untuk mendukung multi-jendela.

Ini adalah fitur yang seharusnya ada di sana untuk waktu yang lama untuk tablet Android dan membuatnya lebih produktif sebagai mesin kerja. Ini kurang bermanfaat untuk ponsel cerdas, meskipun lansekap multi-jendela pada phablet layar besar dapat berguna dalam situasi saat Anda perlu mengawasi dua hal secara bersamaan, seperti peta dan percakapan.

Tap ikhtisar ganda untuk beralih ke aplikasi terbaru

Mengetuk dua kali tombol ikhtisar juga akan beralih langsung ke aplikasi yang terakhir digunakan, yang membuat terpental antara dua aplikasi jauh lebih cepat. Salin teks atau tautan antar aplikasi sekarang cepat. Perangkat lain, termasuk OnePlus 3 telah memiliki fitur ini untuk sementara waktu, tetapi bagus untuk melihatnya dipanggang ke Android.

Masa pakai baterai lebih lama berkat Doze 2.0

Salah satu bagian terbaik tentang Android 6.0 Marshmallow adalah pengenalan Doze, fitur yang membantu menghemat baterai saat ponsel atau tablet tidak bergerak, seperti diletakkan di atas meja. Itu membuat perbedaan besar untuk daya tahan baterai siaga.

Android 7.0 Nougat menerapkan fitur perpanjangan baterai yang sama ketika ponsel bergerak juga. Ketika layar mati, Nougat memiliki kontrol yang jauh lebih ketat pada apa yang dapat dan tidak dapat mengakses data, seberapa sering dan seberapa sering telepon membangunkan. Hasilnya adalah antara 15 hingga 20% masa pakai baterai yang lebih lama dalam pengujian saya pada Nexus 6P.

Peningkatan pengenalan wajah


Fitur kunci pintar Google telah ada untuk sementara waktu. Mereka menggunakan kombinasi sensor untuk mengetahui kapan harus menonaktifkan kunci layar dan kapan harus memastikan kode sandi selalu diperlukan.

Pengenalan wajah telah tersedia untuk sementara waktu, tetapi sistem wajah tepercaya telah meningkat secara signifikan sejak Android 6.0 Marshmallow, yang sangat berguna untuk tablet dan perangkat lain tanpa pemindai sidik jari. Dengan menggunakan Pixel C, sistem berubah dari sedikit berguna dalam kesempatan yang aneh ketika bekerja untuk membuka kunci perangkat sekitar 80% dari waktu.

Bahkan, satu-satunya waktu itu tidak mengenali wajah saya ketika saya mengenakan kacamata hitam dan headphone yang terlalu besar.

Penutup

Secara keseluruhan Android 7.0 Nougat adalah pembaruan yang hebat. Ini membuat beberapa perubahan signifikan di bawah tenda yang memberikan manfaat termasuk daya tahan baterai yang lebih lama. Tweak visual halus dan kemungkinan besar akan disamarkan oleh penyesuaian yang dibuat untuk Android oleh produsen pihak ketiga.

Penambahan jawaban cepat untuk pemberitahuan terasa seperti seharusnya sudah ada sejak awal. Tapi mungkin tweak kecil terbaik yang harus diadopsi oleh semua pabrikan sekarang adalah kemampuan untuk mengetuk dua kali tombol ikhtisar untuk melompat cepat di antara dua aplikasi terakhir yang digunakan. Ini jauh lebih cepat daripada memantul ke menu dan kembali, dan tidak perlu ketangkasan sama sekali untuk mengaktifkan.

Namun ada satu hal yang pasti - jika Anda tidak menyukai Android Marshmallow, Nougat tidak akan melakukan apa pun untuk mengubah pikiran Anda.

Perangkat Nexus Google, termasuk Nexus 6, 5X, 6P, 9, dan Nexus Player, serta tablet Google Pixel C, akan menerima pembaruan over-the-air mulai hari ini. LG V20 akan menjadi smartphone baru pertama yang diluncurkan dengan Nougat yang akan segera dirilis.